Resep Es Campur Susu yang Gurih dan Nikmat

Mulai dengan Pengantar



Es campur susu adalah minuman dingin yang sangat populer di Indonesia, terutama pada saat cuaca panas. Es campur susu biasanya terdiri dari campuran berbagai bahan seperti kacang hijau, nata de coco, cincau, agar-agar, dan buah-buahan segar yang diiris. Kemudian, minuman ini disiram dengan susu kental manis dan es batu. Es campur susu merupakan hidangan tradisional Indonesia yang harus dicoba oleh semua orang.



Bahan-bahan yang Diperlukan




  • 200 gram kacang hijau

  • 100 gram nata de coco

  • 100 gram cincau

  • 50 gram agar-agar

  • 1 buah kelapa parut

  • 500 ml susu kental manis

  • Es batu secukupnya



Cara Membuat Resep Es Campur Susu




  1. Cuci bersih kacang hijau dan rebus hingga empuk.

  2. Rebus agar-agar dan cincau hingga lunak, kemudian potong-potong kecil.

  3. Siapkan kelapa parut dan peras untuk mengambil santannya.

  4. Campurkan semua bahan seperti kacang hijau, nata de coco, cincau, dan agar-agar ke dalam mangkuk.

  5. Tambahkan susu kental manis dan santan kelapa, aduk rata.

  6. Tambahkan es batu secukupnya.

  7. Sajikan dalam mangkuk atau gelas dan nikmati.



Tips untuk Es Campur Susu yang Sempurna



Untuk mencapai rasa dan tekstur yang sempurna pada es campur susu, pastikan bahwa semua bahan telah direbus dan dipotong kecil-kecil. Jangan terlalu banyak menambahkan susu kental manis karena bisa membuat minuman terlalu manis. Selain itu, pastikan untuk menggunakan es batu yang cukup banyak sehingga minuman tetap dingin dan segar.



Variasi Es Campur Susu



Anda bisa mencoba variasi es campur susu dengan menambahkan buah-buahan segar seperti nanas, alpukat, atau mangga. Anda juga bisa menambahkan kolang-kaling, jelly, atau buah-buahan kalengan sesuai selera. Cobalah variasi es campur susu dengan menggunakan susu almond atau susu kedelai untuk pengganti susu kental manis.



Manfaat Kesehatan dan Nutrisi dari Es Campur Susu



Es campur susu kaya akan serat dari kacang hijau dan buah-buahan segar. Selain itu, susu kental manis juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa es campur susu mengandung banyak gula, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan.



Berbagi Pengalaman dan Saran



Jangan ragu untuk berbagi pengalaman Anda membuat es campur susu di bagian komentar di bawah. Jika Anda memiliki masalah atau kesulitan dalam membuat es campur susu, jangan sungkan untuk bertanya atau meminta saran dari pembaca lainnya.



close